Sunday, May 10, 2020

abdu, mereka sudah tidak punya uang

Para tetangga biasa memanggilnya Mak Iris. Nama aslinya Sutrisni. Sehari-hari Mak Iris (55 th) bekerja sebagai buruh cuci di komplek warga di Lubuk Pakam, Deli Serdang, Sumatera Utara.

Itu sebelum pandemi #covid19 melanda. 

Sekarang Mak Iris gak lagi punya pendapatan untuk hidupi keluarga. Sejak semua bekerja di rumah, tenaga Mak Iris tak lagi dibutuhkan karena mencuci dilakukan sendiri oleh warga.

Padahal ia harus menghidupi dua cucunya. Ditambah lagi suaminya tak bisa lagi bekerja, karena penumpang becak motor makin sepi.

Selain Mak Iris, ada juga Ibu Ayu dari Kota Padang, Sumatera Barat. Ibu Ayu (50 th) adalah orangtua tunggal dengan tiga anak. Sejak suaminya meninggal, ia jadi tulang punggung keluarga dengan jadi tukang masak di pesta kenduri warga. Sejak pandemi Ibu Ayu tak lagi ada pendapatankarena semua acara pesta kenduri dibatalkan.

Kondisi Mak Iris dan Ibu Ayu mungkin juga terjadi pada banyak perempuan di sekitarmu. Mereka yang memeras keringat menopang keluarga agar dapat bertahan meneruskan hidup.

Bantu mereka lewat program #DonaShe yang digagas oleh Alumni She Creates Change di Kitabisa. Sedikit bantuanmu, akan berikan energi besar untuk mereka supaya bisa bertahan di masa sulit ini. 

 

Salam,

Lely Hapsari

Bantu di sini

No comments:

Post a Comment