Sunday, April 12, 2020

abdu, buat kami, Glenn bukan orang beken biasa

abdu,

Kaya kamu, aku kaget banget waktu denger Glenn Fredly meninggal dunia. Abis itu sedih. 

7 tahun yang lalu aku beruntung banget bisa lihat Glenn nyanyi di acara kecil. Hanya dia, mic, dan gitarnya. 

"Kok suaranya langsung menggedor hati gini?" pikirku.

Kita semua tahu, dia musisi yang bakatnya luar biasa. Tapi banyak yang nggak tahu kalau dia seorang aktivis kemanusiaan. 

Acara kecil tadi, tentang kepulauan Aru yang ada di Maluku. Glenn mulai petisi untuk bantu teman-teman Save Aru dan pendeta Jacky Manuputty supaya Aru nggak ditebang habis oleh perkebunan tebu. Dan mereka berhasil :)

Dua tahun yang lalu Glenn masuk hutan, tulis lagu, dan sebarkan cinta untuk hutan kita, bareng temen-temen Hutan Itu Indonesia. 

Dan tahun lalu, tim Change.org nggak sengaja ketemu Glenn di sebuah toko roti di mall :) Ngobrolnya semangat dan matanya bersinar-sinar ngomong soal Ambon dan Musik. Ga lama kemudian, Glenn mulai kampanye dan petisi agar UNESCO tetapkan Ambon sebagai Kota Musik Dunia. Dia berhasil lagi :)

Buat kami, Glenn bukan orang beken biasa. Ia adalah seniman yang menggunakan suaranya dan pengaruhnya bukan hanya untuk nyanyi, tapi untuk suarakan perubahan. Kenapa? Karena ia peduli. Peduli kemanusiaan, peduli budaya, peduli HAM, peduli hutan, peduli masyarakat Aru, peduli Indonesia. 

Bung Glenn, dampakmu akan dirasakan untuk bergenerasi. Perjuanganmu kita teruskan. 

Rest in Love, Rest in Power. 

 

Arief Aziz

Change.org Indonesia

 

PS: Kalau kamu mau lihat tribute kita untuk Glenn, klik gambar atau button di bawah ini ya.

Tribute untuk Glenn

No comments:

Post a Comment